Merintis Usaha Ayam Petelur dari Nol

Tak menyukai pekerjaan di kantoran? Atau ingin menambah pemasukan uang bulanan? Mungkin Anda bisa mencoba memulai dunia bisnis. Ada banyak pilihan bisnis mulai dari bisnis kuliner hingga hewan ternak. Khusus bagi Anda yang tertarik dengan usaha ayam petelur, ada beberapa kiat-kiat khusus yang harus dipelajari terlebih dahulu. Ini dikarenakan untuk memulai peternakan ayam membutuhkan dan yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda sama sekali belum mengerti dengan cara merawat ayam yang baik. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda simak.

1. Menyiapkan Modal dan Perlengkapan

kandang ayam ternak
ternak ayam

Usaha ayam petelur harus dimulai mempersiapkan segala peralatan dan modal utamanya yaitu uang. Uang memang bukan segala-segalanya. Namun, memulai bisnis ayam tanpa diserta modal uang sama sekali hampir tak mungkin. Modal awal bisnis ini bisa digunakan untuk membeli ayam, kandang, pakan, dan peralatan makan minum ayam. Jangan lupa untuk menyiapkan lahan yang memadai. Lahan yang baik untuk peternakan ayam petelur adalah yang jauh dari area rumah.

2. Mempelajari Cara Merawat Ternak

Pebisnis yang sukses tak hanya mampu menggaji para karyawan. Namun pemilik juga bersedia turun tangan langsung memberikan perawatan yang terbaik untuk ayam-ayamnya seperti memeriksa air minumnya dan mengingatkan karyawan untuk selalu memberi vaksin. Banyak pengusaha ayam petelur yang belajar dari nol dengan gigih. Anda bisa belajar dari buku tentang ternak atau melakukan pencarian lewat google. Apabila belum mahir, maka belajar dari para karyawan Anda.

3. Belajar Bisnis

Merintis bisnis memang awalnya tidak mudah. Terkadang ada saja kendala yang dihadapi salah satunya adalah kurang dikenalnya bisnis usaha Anda sehingga omzet yang diinginkan belum tercapai. Untuk menyikapi hal ini Anda perlu mempelajari ilmu bisnis ntah dengan mengikuti seminar bisnis dan mengikuti pelatihan-pelatihan kilat. Dengan belajar bisni, calon pebisnis jadi mengetahui trik mendapatkan omzet melebihi apa yang ditargetkan.

Itulah tips memulai usaha ayam petelur. Kesuksesan menjadi pebisnis ayam bisa diwujudkan dengan kegigihan dan persiapan yang matang. Adanya sedikit kerugian di awal merintis adalah hal yang wajar. Sebab, ini akan jadi pelajaran yang sangat berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *