Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Buah sirsak (Annona muricata) memiliki manfaat pada bagian buah, daun, bahkan pohonnya seperti karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Buah ini juga menyimpan serat pangan yang merupakan substansi non-gizi, kadar seratnya mencapai 3,3 gram pada 100 gram daging buah. Beberapa mineral seperti fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg) juga terkandung di dalam 100 gram buah sirsak. Kandungan lainnnya pada sirsak seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annonacin, annomuricin, annohexocin, anonol, anomurine, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid, dan muricapentocin.

Dengan berbagai kandungan tersebut buah yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat sirsak bagi tubuh manusia :

  1. Meningkatkan sistem Kekebalan tubuh. Buah sirsak mengandung berbagai senyawa mulai dari acetogenins hingga muricapentocin. Berbagai senyawa tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

 

  1. Sebagai sumber energi. Buah sirsak mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai sumber tambahan energi. Selain itu buah sirsak memiliki vitamin B1, yang dapat juga menambahkan kadar energi yang berperan untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh seperti jantung, otak, paru-paru, dan ginjal.

 

  1. Membantu produksi hemoglobin. Buah sirsak mengandung zat riboflavin. Zat ini sangatlah penting karena dapat membantu produksi sel darah merah dengan optimal. Dengan kehadiran zat yang dimiliki sirsak ini, Anda akan terhindar dari anemia.

 

  1. Mengurangi risiko serangan jantung. buah sirsak mengandung kalium yang dapat menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis merupkan sebuah penyakit dimana kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat aliran darah menjadi tidak lancar, dan dapat menimbulkan serangan jantung. Kalium yang ada pada buah sirsak dapat melancarkan sistem peredaran

 

  1. Mengurangi risiko diabetes. Buah sirsak memiliki kadar gula yang rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetas, karena kadar gula yang dimilkinya tidaklah berbahaya.

 

  1. Menjaga pencernaan. Buah sirsak mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat yang ada pada buah sisrsak ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi penderita konstipasi dan sebagai obat perut buncit.

 

 

Buah yang tak terlihat cantik ini,namun memiliki aneka manfaat minum jus sirsak tanpa gula akan membuat anda sehat segar dan terhindar berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *