Cara Membuat Kue Tanpa Oven Untuk Kue Putu

Cara Membuat Kue Tanpa Oven Untuk Kue Putu

Membuat kue sendiri di rumah tentu memiliki rasa yang berbeda. Selain bahannya yang bisa diawasi sendiri, Anda bisa mencoba cara membuat kue tanpa oven. Semua orang umumnya suka untuk memakan kue, namun ada beberapa yang tidak suka membeli di toko atau penjual kue. Bagi Anda yang lebih suka mengonsumsi kue buatan rumah, atau Anda yang gemar mencoba-coba resep kue bisa membuat kue tanpa bantuan oven. Salah satu kue yang bisa Anda buat tanpa perlu adanya oven adalah kue putu. Kue khas dengan warna hijau dan parutan kelapa ini memang menjadi salah satu kue yang banyak disukai. Berikut adalah beberapa informasinya jika Anda ingin membuat sendiri kue yang enak tersebut.

Beberapa Cara Membuat Kue Putu Tanpa Oven

Kue yang satu ini memang dibuat dengan cara dikukus, jadi Anda tidak memerlukan oven. Barang yang Anda perlukan adalah bahan untuk kue dan alat pengukus. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mempelajari di ulasan berikut.

1. Bahan Kue Dan Peralatannya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan. Ada 4 butir telur, 200g tepung terigu, 100g gula pasir, 2sdt esens pandan, 40ml susu, 2sdt baking powder, 2sdt ovalet atau pengembang, margarin, 200g gula jawa atau gula merah, dan parutan kelapa. Cara membuat kue tanpa oven yang satu ini membutuhkan panci dan saringan untuk mengukus adonan. Siapkan semua bahan dan peralatan tersebut untuk membuat kue putu yang lezat. Proses pembuatan kue ini tidak terlalu lama hanya sekitar 45 menit saja.

2. Membuat Adonan Kue Putu

Adonan dasar yang harus dibuat adalah dengan mencampur telur, gula pasir, ovalet, dan jangan lupa esens pandan. Aduk semua bahan tersebut kurang lebih 8 hingga 9 menit hingga benar-benar mengembang. Cara membuat kue tanpa oven setelah membuat adonan dasar, mengayak tepung terigu untuk mendapatkan tepung yang paling halus. Campur adonan dasar dengan tepung terigu tersebut, tambahkan pula susu dan baking powder. Aduk hingga adonan rata dan mengembang sempurna.

3. Mengukus Adonan

Langkah terakhir untuk membuat kue ini adalah menyiapkan alat untuk mengukus. Panaskan panci dengan diberi air dan saringan pengukus. Sebelumnya, Anda terlebih dahulu memasukan adonan ke loyang. Untuk hasil kue putu yang tidak biasa, olesi terlebih dahulu loyang menggunakan Blueband. Campuran antara butter dan margarin tersebut akan membuat kue putu menjadi lebih harum dengan rasa yang lezat. Kukus adonan dalam loyang tersebut sekitar 30 menit. Untuk kreasi tambahan, angkat kue putu dan potong untuk memasukan sisiran gula jawa. Kukus kembali sekitar 5 menit untuk mencairkan gula jawa. Setelah itu angkat kue putu untuk ditaburi dengan parutan kelapa dan siap disajikan.

Demikian informasi singkat tentang cara membuat kue tanpa oven yang mudah untuk dicoba. Hanya dengan kukusan, Anda bisa membuat kue yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *